5 Anggapan yang salah tentang ward!

witch doctor by cedalcalde

  1. Warding biar map jadi terang
  2. Memasang ward memang bertujuan untuk membuka area gelap atau fog pada map, tapi bukan berarti ward harus dipasang di seluruh area map agar map jadi terang benderang. Kesalahan ini sering terjadi pada permainan dota dimana player mengeluh “mapnya gelap nih” dan lantas menyalahkan support. Durasi ward yang terbatas membuat ward sebisa mungkin digunakan pada posisi yang diperlukan saja, seperti ketika push atau ketika akan melakukan gank, sehingga penggunaan ward bisa jadi lebih efektif.

  3. Ada ward pasti aman
  4. Satu lagi anggapan yang salah tentang ward, banyak player yang mengira bahwa memasang ward pada posisi krusial seperti didekat pit roshan atau di jalur umum gank membuat mereka aman dari ancaman terkena gank. kenyataannya vision dari observer ward (bahkan yang dilengkapi dengan sentry ward sekalipun) masih bisa dihindari dengan menggunakan smoke of deceit yang harganya jauh lebih murah. Satu – satunya cara agar bisa aman dari ancaman musuh adalah dengan tetap waspada dan berhati – hati ketika dua atau tiga musuh tidak terlihat pada minimap, terutama initiator mereka.

  5. Ward hanya buat support
  6. Warding merupakan tugas utama support, karena mereka tidak butuh item mahal sehingga bisa menggunakan gold yang mereka miliki untuk membeli ward. tapi bukan berarti ward hanya dibeli oleh support. Roamer dan ganker seringkali menggunakan ward untuk mengetahui posisi musuh yang akan diserang, bahkan carry juga terkadang membeli ward untuk mengamankan posisi farming mereka.

  7. Pasang ward diposisi yang sama
  8. Banyak yang mengira ward hanya dipasang pada lokasi - lokasi tertentu (terutama oleh pemain baru / newbie). Lokasi - lokasi yang memiliki tanda mata satu (kaya iluminati) pada map sangat sering dijadikan lokasi favorit untuk memasang ward. memang tidak salah memasang ward pada area ini karena memberikan vision yang lebih luas daripada posisi lainnya. Namun karena sudah umum dipasangi ward, posisi tersebut juga umum terkena razia oleh musuh. Jika tidak ingin wardnya dibongkar, pasanglah pada area yang tidak mudah diketahui sehingga kelangsungan hidup ward bisa bertahan lebih lama.

  9. Boros ward
  10. Terkadang player dota bertemu dengan support yang kelewat murah hati dan selalu memborong habis semua ward, dan tanpa pikir panjang langsung memasangnya di semua tempat yang dianggap strategis. Membeli semua ward mungkin termasuk kebiasaan yang baik, tapi langsung memasang semua ward bukanlah kebiasaan yang baik. Support yang baik selalu menabung satu atau dua ward untuk kebutuhan penting di masa yang akan datang.

Komentar